China National Offshore Oil Corporation

China National Offshore Oil Corporation, atau CNOOC Group (Cina: 中国 海洋 石油 总公司 Pinyin: Zhongguo Haiyang Shiyou Zǒnggōngsī), adalah sebuah perusahaan minyak nasional utama di Cina. Ini adalah ketiga terbesar perusahaan minyak nasional di Republik Rakyat Cina, setelah CNPC (induk dari PetroChina) dan China Petrochemical Corporation (induk dari Sinopec). The CNOOC Grup berfokus pada eksploitasi, eksplorasi dan pengembangan minyak mentah dan gas alam di lepas pantai China.
Perusahaan ini dimiliki oleh pemerintah Republik Rakyat China, dan Pengawasan Aset Milik Negara dan Komisi Administrasi Dewan Negara (SASAC) mengasumsikan hak pemegang saham dan kewajiban atas nama pemerintah. Salah satu anak perusahaan, CNOOC Limited, terdaftar di bursa Hong Kong, yang lain, China Oilfield Services, terdaftar di Hong Kong dan New York bursa.

Sejarah

Ketika Dewan Negara menerapkan Peraturan Sumber Daya Minyak Rakyat Kerja Sama dengan Badan Usaha Asing pada tanggal 30 Januari 1982, CNOOC didirikan dan berwenang untuk memikul tanggung jawab keseluruhan untuk eksploitasi sumber daya minyak dan gas lepas pantai China bekerja sama dengan mitra asing , yang memastikan status monopoli untuk CNOOC di lepas pantai minyak dan gas alam . Dengan kantor pusatnya di Beijing , CNOOC terdaftar dengan modal sebesar RMB 50 miliar dan memiliki lebih dari 98.750 karyawan .

Unocal pembelian upaya
Pada bulan Juni 2005, sebuah perusahaan Grup CNOOC ( NYSE dan Hong Kong – publik perusahaan CNOOC terbatas ) membuat penawaran tunai $ 18500000000 untuk perusahaan minyak Amerika Unocal Corporation, topping tawaran sebelumnya oleh ChevronTexaco . Kepentingan minyak Unocal di Asia Tengah dianggap cocok strategis bagi perusahaan . Pada 20 Juli 2005 Unocal mengumumkan bahwa mereka telah menerima tawaran pembelian dari Chevron untuk $ 17100000000 , yang disampaikan kepada pemegang saham Unocal pada 10 Agustus . Pada tanggal 2 Agustus CNOOC Limited mengumumkan bahwa mereka telah ditarik penawarannya , mengutip ketegangan politik di Amerika Serikat .
Meskipun pendekatan lepas tangan dari pemerintahan Bush , kelompok Demokrat dan Republik di Kongres diselenggarakan menentang tawaran Terbatas CNOOC . Mereka berpendapat bahwa dengan $ 13000000000 tawaran CNOOC Limited untuk Unocal berasal dari pemerintah China , tawaran itu bukan merupakan transaksi pasar bebas . Perusahaan Amerika dilarang membeli aset di China , dan itu juga berpendapat bahwa , kepemilikan asing komunis aset minyak mungkin risiko regional dan ekonomi – keamanan; Unocal memiliki sensitif eksplorasi laut dan teknologi pengeboran . The Economist dan sumber lainnya mencoba untuk mendiskreditkan ancaman keamanan , dan CNOOC bersedia untuk menjalani review keamanan AS . Penundaan Kongres dan panggilan untuk penyelidikan terhalang tawaran Terbatas CNOOC .
Perusahaan ini disarankan oleh Goldman Sachs . CNOOC Terbatas memiliki reputasi untuk bertindak secara independen dari pemerintah Cina , dan tidak diberitahu pejabat pemerintah sebelum penawaran untuk UNOCAL . The reaksi politik di Amerika Serikat disebabkan pemerintah China untuk meningkatkan pengawasan perusahaan Cina , untuk menghindari risiko masa depan untuk hubungan Sino -Amerika .
CNOOC Terbatas menghadapi tantangan di pasar domestik . Pesaingnya, CNPC dan Sinopec , telah diizinkan melakukan eksplorasi lepas pantai sekali dimonopoli oleh CNOOC Limited. Sesuai dengan komitmen oleh pemerintah Cina untuk bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia , pasar minyak akan dibuka untuk perusahaan non -Cina (seperti Exxon Mobil dan BP ) pada akhir 2006 . Pesaing domestik CNOOC Limited kecil telah berusaha untuk mematahkan monopoli dari tiga NOC utama dalam industri.
Nexen akuisisi
Menambahkan 61 persen menjadi Nexen 20 Juli 2012 harga saham , pada tanggal 23 Juli CNOOC setuju untuk membeli Nexen untuk $ 15100000000 ( kesepakatan asing terbesar di Cina ) . Investasi Kanada Undang-undang Kanada pemerintah itu digunakan untuk menentukan apakah penjualan adalah ” keuntungan bersih ” ke Kanada . Selain pihak berwenang Kanada , akuisisi harus disetujui oleh Komite Investasi Asing di Amerika Serikat . Pada tanggal 7 Desember penjualan disetujui oleh pemerintah Kanada , dan pada 12 Februari 2013 telah disetujui oleh regulator AS .

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/China_National_Offshore_Oil_Corporation

Tinggalkan komentar